Apakah Sistem BSC Merupakan Hal yang Bagus Bagi Perusahaan

Apakah sistem BSC bagus bagi perusahaan? Bagaimana cara kita menilai seorang karyawan berhasil membawa dampak positif bagi perusahaannya? Pertanyaan ini memang terkesan sepele, namun bila disepelekan akan merugikan perusahaan itu sendiri. Sebab hasil yang dibawa oleh suatu program/ proyek bisa jadi tidak menguntungkan di masa sekarang namun bisa membawa kebaikan di masa yang akan datang.

Secara tradisional, seringkali kinerja seorang karyawan dinilai dari seberapa banyak ia menghasilkan uang selama periode yang singkat. Lantas, kinerja karyawan ini akan dibandingkan dengan kinerja karyawan lainnya. Ini akan membuat tuntutan serta kompetisi yang kurang sehat bagi perusahaan. Sebab, para karyawan tersebut hanya akan mengejar keuntungan sesaat agar bisa terlihat baik di mata pimpinan saat itu juga.

Kondisi seperti di atas, jelas akan benar-benar merugikan perusahaan untuk ke depannya. Kesalahan ini seyogyanya diantisipasi dengan sistem yang tepat yang bisa mengurai benang kusut tersebut. Sistem tersebut seharusnya bisa memilah mana seorang karyawan yang baik untuk perusahaan namun bukan hanya untuk waktu yang singkat saja. Penilaian yang dilakukan harus benar-benar seimbang dan tidak terfokus pada faktor uang saja.

Penilaian tersebut harus bisa menjawab tantangan agar perusahaan bisa menilai karyawannya yang memang berkualitas dan punya visi yang baik. Penilaian seperti ini sering disebut dengan BSC. Konsep BSC atau Balance Scorecard menjadi sarana yang sangat baik untuk menghubungkan antara perusahaan dan komponen-komponen di dalamnya. Sistem seperti ini memungkinkan masa depan perusahaan yang jauh lebih baik dan bisa diandalkan.

BSC bila diterjemahkan dapat diartikan sebagai kartu skor keseimbangan. Konsep seperti ini dapat menampun hal-hal yang telah diraih oleh karyawan serta rencananya dalam jangka panjang. Keberadaan BSC sangat diperlukan bagi perusahaan yang ingin berkembang dengan pesat. BSC yang dilaksanakan dengan benar dapat membantu upaya perbaikan perusahaan dengan penilaian pencapaian kinerja secara berimbang.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Keberimbangan yang dimaksud pada sistem ini mencakup aspek-aspek startegis untuk mewujudkan visi perusahaan ke dalam bentuk yang lebih operasional. Terdapat empat hal yang akan menjadi dasar penilaian pada sistem ini. Keempatnya yaitu keuangan, pelanggan, proses usaha, dan pembelajaran serta pertumbuhan. Hasil penilaian yang maksimal dan seimbang tentu yang menjadi harapan semua perusahaan pada karyawannya.

Lalu, Apakah Sistem BSC Bagus bagi Perusahaan?
Dari paparan di atas, jelas sistem ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi keseimbangan perusahaan untuk mengeruk profit di masa kini dan masa depan. BSC memungkinkan adanya integrasi strategi dan visi perusahaan untuk meraih tujuan jangka pendek dan jangka panjang, memungkinkan manajer bisa melihat proses keuntungan dari faktor keuangan dan non keuangan, serta memungkinkan kita untuk melihat investasi SDM yang telah dilakukan demi kebaikan perusahaan di masa mendatang.

Sebab, banyak faktor-faktor non keuangan yang sering dilupakan dan dianggap sama sekali tidak penting bagi perusahaan. Misalnya saja seperti penilaian akan hubungan dengan pelanggan yang baik. Penilaian ini terkadang dianggap kurang begitu penting karena perusahaan hanya menginginkan uang dari pelanggan saja. Seringkali, yang ditanyakan adalah jumlah uang untuk mengukur keberhasilan hubungan dengan pelanggan. Padahal, belum tentu realitanya sejalan karena kebutuhan pelanggan bisa jadi hanya sedikit di masa sekarang namun menjadi besar di masa yang akan datang.

Inovasi produk dan jasa juga seringkali menjadi hal yang diabaikan. Apalagi, bila inovasi tersebut kurang mendapatkan profit dalam waktu yang relatif singkat. Sebuah perusahaan seringkali bersifat pragmatis dan kurang bisa menghargai karya-karya yang kreatif. Padahal, berada di zona nyaman tidak selamanya baik sebagaimana terlalu mengambil resiko.

Pada kasus tersebut, perusahaan memang harusnya sadar bahwa inovasi produk dan jasa yang kurang bisa mendatangkan profit dalam waktu yang singkat, tidak selamanya buruk. Terdapat berbagai faktor yang bisa menyebabkan suatu produk baru kurang laku sehingga tidak bisa lantas disimpulkan bahwa produk itu memiliki kualitas rendah.

Terkadang, kondisi masyarakat memang belum siap untuk berubah atau menerima hal yang baru. Bila demikian, terbentuknya inovasi tersebut seharusnya dimanfaatkan untuk jangka panjang pada momen yang lebih tepat. Bila tidak, perusahaan perlu menyebarkan iklan-iklan yang mendukung. Bila berhasil, tentunya keuntungan yang tidak sedikit akan didapatkan perusahaan.

Namun demikian, tentu saja manfaat BSC tidak akan bisa memberikan hasil yang baik bila tidak dikembangkan dan diterapkan dengan benar. Sebagai contoh, BSC harus mampu dikembangkan dengan menerjemahkan visi dan misi suatu perusahaan. Dengan demikian, penilaian yang dilakukan menjadi tepat sasaran. Perusahaan jadi tahu mana karyawan yang baik dan mana karyawan yang kurang menguntungkan bagi visi misi perusahaan.

Selain itu, sistem ini juga harus ditopang dengan sistem umpan balik yang tepat. Usahakan untuk mengembangkan sistem BSC yang manusiawi. Sebab, tanpa hal tersebut, karyawan akan merasa kurang dihargai sehingga kinerja mereka menjadi buruk. Arti manusiawi sendiri harus ditempatkan dalam koridor yang menguntungkan perusahaan. Pemberian reward dan punishment adalah salah satu contoh yang bisa diterapkan beriringan dengan sistem BSC yang juga diterapkan untuk menilai kinerja karyawan.

Bila sistem ini bisa dikembangkan dengan indikator yang baik serta diterapkan dengan benar, maka tentu perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan. Dari pihak karyawan sendiri, tentu sistem ini jauh lebih adil daripada sistem tradisional yang seolah menisbikan manusia sebagai robot yang tidak punya potensi. Sistem ini mampu melihat manusia dengan segala potensinya untuk memajukan suatu perusahaan.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.