Cara Menyusun Balanced Scorecard Perusahaan Manufaktur

Indonesia adalah sebuah negara yang sedang berkembang pesat perekonomiannya. Salah satu jenis industri yang sedang berkembang pesai di Indonesia adalah jenis industri manufaktur.

Secara garis besar, perusahaan manufaktur adalah sebuah industri yang bergerak di bidang pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi yang siap konsumsi.

Saat ini perusahaan – perusahaan manufaktur menjadi tulang punggung utama perekonomian Indonesia dengan berbagai jenis produk yang dihasilkan mulai dari makanan, pakaian, hingga berbagai jenis kebutuhan kita sehari – hari.

Untuk bersaing dengan perusahaan – perusahaan lain di Indonesia atau dengan perusahaan lain dari luar negeri, sebuah perusahaan manufaktur harus dikelola dengan professional dan modern. Salah satu cara melakukan modernisasi adalah dengan menerapkan strategi manajemen menggunakan balanced scorecard.

Balanced scorecard adalah sebuah strategi pengukuran kinerja sebuah perusahaan menggunakan beberapa tolok ukur.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Selama ini sebagian besar perusahaan manufaktur di Indonesia masih menggunakan satu tolok ukur untuk menilai pertumbuhan dan keseimbangan perusahaan yaitu dengan menggunakan tolok ukur finansial.

Jadi selama ini yang diukur oleh perusahaan – perusahaan manufaktur adalah keuangan perusahaan saja. Padahal balanced scorecard menawarkan beberapa tolok ukur tidak hanya berdasarkan finansial saja namun juga meliputi konsumen, proses bisnis internal, hingga pembelajaran – pertumbuhan. Jadi dengan menggunakan balanced scorecard akan ada empat tolok ukur utama yang digunakan.

Dari keempat tolok ukur tersebut akan bisa diketahui pencapaian dan keseimbangan perusahaan bukan hanya dari segi keuangan semata namun juga dari berbagai aspek pendukung yang tidak kalah penting untuk sebuah perusahaan manufaktur.

Untuk menyusun balanced scorecard di sebuah perusahaan manufaktur kita bisa membuat balanced scorecard map untuk memudahkan kita dalam menyusun strategi balanced scorecard. balanced scorecard map dibuat dengan menguraikan empat tolok ukur yang ingin kita analisa. Yang paling dasar adalah learning and growth atau pembelajaran dan pertumbuhan.

Tolok ukur yang satu ini masih dibagi menjadi tiga yaitu membangun kepuasan karyawan, meningkatkan produktifitas pekerja, dan meningkatkan sistem penilaian karyawan. Jadi learning and growth mencakup peningkatan pengetahuan karyawan dan sistem yang mendukungnya untuk kemajuan dan produktifitas perusahaan.

Tolok ukur yang satu ini nantinya akan mendukung tokok ukur diatasnya yaitu business process atau proses bisnis. Tolok ukur proses bisnis meliputi implementasi kebijakan yang baik untuk lingkungan, merancang pertumbuhan perusahaan melalui inovasi, cara proses pelayanan kepada klien atau pelanggan, dan mewujudkan kesempurnaan sistem operasional perusahaan.

Proses bisnis mempengaruhi pelayanan kepada pelanggan, klien, atau konsumen. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam tolok ukur konsumen diantaranya adalah peningkatan atau perluasan market share, kepuasan konsumen atas produk atau pelayanan perusahaan, dan meningkatkan daya beli konsumen.

Dari tolok ukur konsumen inilah perusahaan akan mendapatkan pendapatan atau pemasukan. Maka tolok ukur konsumen akan mempengaruhi secara langsung tolok ukur yang keempat yaitu keuangan atau finansial.

Tolok ukur keuangan sendiri terdiri dari dua aspek yaitu peningkatan keuntungan perusahaan dan manajemen efisiensi keuangan perusahaan.

Dari implementasi balanced scorecard, akan bisa diketahui secara pasti bagaimana proses sebuah perusahaan mendapatkan keuntungannya dimulai dengan proses pembelajaran.

Jadi balanced scorecard menawarkan sebuah kriteria penilaian yang lebih menyeluruh dibandingkan strategi penilaian tradisional yang hanya berfokus pada hasil alhir saja dalam hal ini yaitu adalah keuntungan finansial yang didapat.
Ada beberapa keunggulan utama balanced scorecard dibandingkan dengan metode lain. Berikut ini adalah 4 keunggulan balanced scorecard yang paling utama, diantaranya adalah:

1. Komprehensif
Konsep balanced scorecard jauh lebih komprehensif dibandingkan metode – metode lain yang hanya menekankan pada perspektif keuangan saja untuk menilai kemajuan dan pertumbuhan sebuah perusahaan. balanced scorecard mampu mengangkat perspektif – perspektif lain seperti mulai dari konsumen hingga pembelajaran sehingga penilaian bisa dilakukan secara lebih menyeluruh. Penilaian yang komprehensif ini diharapkan akan mampu mendongkrak kemampuan perusahaan dalam memasuki persaingan industri manufaktur yang semakin ketat dan kompleks.

2. Koheren
Dalam pelaksanaan balanced scorecard setiap individu diwajibkan untuk membangun sebuah hubungan sebab akibat dalam setiap sasaran strategik yang dilaksanakan oleh perusahaan. Setiap sasaran strategis yang ditetapkan dalam perspektif tolok ukur diluar masalah finansial haruslah memiliki hubungan kausan dengan tujuan finansial baik secara tidak langsung maupun secara langsung.

3. Seimbang
Balanced scorecard berfokus pada keselarasan antara balanced scorecard untuk staf dan perusahaan. balanced scorecard disusun dengan cara memaksimalkan peranan setiap anggota perusahaan dimana setiap anggota perusahaan turut berperan serta dalam pelaksanaan metode ini dan mereka juga bertanggung jawab untuk kemajuan perusahaan. Keselarasan antara staff dengan perusahaan inilah yang bisa menjadi modal penting untuk kemajuan perusahaan.

4. Terukur
Strategi atau metode balanced scorecard merupakan sebuah metode yang bisa diukur. Dasar dari pemikiran ini adalah sebuah kepercayaan bahwa setiap perspektif bisa diukur. Dengan menggunakan balanced scorecard, beberapa perspektif yang selama ini belum terukur seperti proses bisnis atau perspektif konsumen menjadi bisa dikelola dan diukur dengan tepat untuk kemajuan perusahaan.

Demikianlah contoh aplikasi balanced scorecard untuk perusahaan manufaktur beserta berbagai keunggulan dari implementasi balanced scorecard bagi perusahaan manufaktur. Jadi bisa disimpulkan bahwa implementasi balanced scorecard merupakan sebuah hal penting yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan manufaktur jika mereka ingin lebih bersaing di tingkat global.

Selain bisa memudahkan dalam membuat strategi, visi, dan misi perusahaan, dengan mengimplementasikan balanced scorecard berarti perusahaan manufaktur tersebut telah siap untuk menjadi lebih efektif, lebih efisien, dan lebih professional.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!