Cara Menyusun Indikator Kinerja atau KPI untuk Bisnis Kafe dan Restoran

Memulai bisnis Anda sendiri mungkin merupakan salah satu solusi keuangan yang cukup efektif saat ini. Ada cukup banyak orang yang memutuskan untuk memulai bisnis mereka sendiri saat ini karena dengan demikian mereka dapat meraih keuntungan tanpa harus bekerja pada perusahaan orang lain. Memiliki bisnis sendiri juga memungkinkan Anda untuk mengatur bisnis Anda secara lebih personal tanpa adanya campur tangan dari pihak lain.

Ada cukup banyak jenis bisnis yang bisa Anda jadikan pilihan saat ini. Salah satunya adalah bisnis di bidang kuliner. Bila Anda ingin merintis bisnis di bidang kuliner, mendirikan serta mengelola kafe atau restoran mungkin bisa jadi pilihan yang cukup tepat untuk Anda.

Saat ini, kafe atau restoran tidak hanya dianggap sebagai tempat untuk menikmati sajian makanan namun juga sering dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul dan bersosialisasi.

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk mendirikan kafe atau restoran sendiri, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan terlebih dahulu sehingga bisnis yang Anda rintis dapat berjalan lancar. Salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah KPI untuk kafe atau restoran.

KPI atau Key Performance Indicators adalah metode yang digunakan untuk mengukur performa atau kinerja suatu badan usaha dengan mengunakan beberapa aspek serta variabel sebagai acuan. Secara umum, KPI untuk berbagai bidang bisnis pada dasarnya hampir sama. Meski demikian, ada beberapa variabel tertentu yang hanya digunakan untuk bidang bisnis tertentu saja.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Berbicara mengenai KPI untuk kafe atau restoran, salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah variabel-variabel apa saja yang biasanya digunakan untuk mengukur performa suatu kafe atau restoran sebagai badan usaha. Penggunaan KPI tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengetahui performa restoran yang Anda miliki namun juga dapat membantu Anda memecahkan setiap masalah yang timbul selama menjalankan bisnis Anda. Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam KPI kafe atau restoran adalah KPI untuk karyawan.

KPI untuk karyawan yang Anda pekerjakan di restoran atau kafe yang Anda miliki meliputi persentase anggaran yang Anda keluarkan untuk gaji karyawan, biaya total yang Anda habiskan untuk karyawan yang meliputi asuransi, dana pensiun, serta pajak penghasilan, total waktu kerja, izin karyawan, serta pergantian karyawan setiap bulannya. Performa restoran atau kafe yang Anda miliki juga dapat dinilai dari seberapa lama karyawan Anda telah bekerja untuk Anda. Selain itu, rata rata gaji yang didapatkan oleh karyawan per jam juga dapat digunakan sebagai variabel KPI pada kafe atau restoran.

Selain karyawan, aspek penting lain pada KPI restoran atau kafe adalah manajemen dapur. Adapun variabel yang digunakan pada KPI manajemen dapur antara lain adalah persentase harga makanan, harga total makanan, harga makanan per konsumen, persentase karyawan yang bekerja di dapur, waktu yang dihabiskan oleh karyawan yang bekerja di dapur, serta jumlah stok bahan mentah yang tersimpan. Selain itu, variabel lain yang digunakan pada KPI manajemen dapur adalah jenis makanan yang paling laku atau paling tidak laku dan biaya yang dikeluarkan untuk tekstil yang digunakan di dapur seperti seragam, kain lap, serta serbet.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam KPI pada restoran atau kafe adalah manajemen restoran. Salah satu variabel penting dalam KPI manajemen restoran adalah total penjualan per konsumen. Selain itu, ada beberapa variabel lain yang perlu Anda perhatikan seperti jumlah konsumen, penjualan makanan, hidangan pencuci mulut, dan minuman per konsumen, serta efisiensi tempat duduk. Kepuasan konsumen juga merupakan salah satu variabel penting yang perlu diperhatikan dalam KPI manajemen restoran.

Selain manajemen restoran, manajemen bar juga dianggap sebagai salah satu aspek penting dalam KPI untuk restoran dan kafe. Bar merupakan salah satu bagian yang cukup penting peranannya dalam sebuah restoran atau kafe. Salah satu variabel yang perlu diperhatikan dalam KPI manajemen bar adalah jumlah penjualan per konsumen.

Variabel berikutnya yang perlu Anda perhatikan pada KPI manajemen bar adalah keuntungan kotor penjualan. Keuntungan kotor penjualan adalah selisih antara harga jual dengan anggaran yang Anda keluarkan untuk produk tertentu. Selain keuntungan kotor penjualan, variabel lain yang perlu diperhatikan dalam KPI manajemen bar adalah persentase keuntungan rata-rata penjualan.

Stok barang yang ada di bar juga bisa digunakan sebagai variabel dalam mengukur performa restoran atau kafe yang Anda miliki, terutama dalam KPI manajemen bar. Anda bisa melakukan koordinasi dengan supplier Anda sehingga stok barang di bar selalu berada dalam jumlah yang memadai. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk menjual stok barang di bar juga merupakan variabel yang digunakan dalam menentukan performa manajemen bar.

Penjualan dan pemasaran merupakan aspek selanjutnya yang perlu Anda perhatikan dalam mengukur performa restoran atau kafe yang Anda miliki. Adapun variabel yang perlu diperhatikan dalam KPI penjualan dan pemasaran antara lain adalah jumlah konsumen, tingkat kunjungan konsumen, penjualan per konsumen, serta biaya iklan dan pemasaran.

Variabel lain yang perlu diperhatikan dalam KPI penjualan dan pemasaran adalah tingkat respon terhadap strategi pemasaran, jumlah pemesanan tempat, serta tingkat popularitas di media cetak atau elektronik.

Aspek terakhir yang perlu diperhatikan dalam mengukur performa restoran atau kafe yang Anda miliki adalah manajemen keuangan dan administrasi. Adapun variabel yang digunakan dalam KPI manajemen keuangan dan administrasi antara lain adalah posisi kas di bank, jumlah total hutang, persentase modal balik, serta jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!