Cara Menyusun KPI Bagian Maintenance atau Pemeliharaan Mesin Pabrik

Suatu perusahaan terdiri dari berbagai bagian yang memiliki fungsinya masing-masing.

Salah satu bagian yang cukup penting dalam suatu perusahaan adalah bagian pemeliharaan mesin. Bagian ini bertugas untuk melakukan pemeliharaan terhadap berbagai jenis mesin yang digunakan di perusahaan sehingga mesin-mesin tersebut dapat tetap bekerja sebagaimana mestinya dan memberikan hasil yang optimal.

Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk memperhatikan performa atau kinerja bagian pemeliharaan mesin untuk mempertahankan performa proses produksi di perusahaan.

Bila Anda memiliki perusahaan Anda sendiri, Anda harus memperhatikan performa setiap bagian atau divisi dalam perusahaan Anda sehingga tiap bagian tersebut dapat memberikan hasil yang optimal dan dapat berperan dalam meningkatkan performa perusahaan secara keseluruhan.

CONTOH LENGKAP KPI BAGIAN PRODUKSI ATAU PABRIK DAN MAINTENANCE BISA DI-DOWNLOAD DISINI…..

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Untuk dapat memantau serta memonitor performa setiap bagian dalam perusahaan, ada berbagai metode yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan KPI atau Key Performance Indicators.

Secara umum, Key Performance Indicators merupakan matrik yang bersifat finansial atau non finansial yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk mengukur serta menghitung performa serta kinerja perusahaan tersebut.

Key Performance Indicators juga bisa digunakan untuk menilai kondisi suatu perusahaan sehingga pemilik perusahaan dapat memutuskan tindakan apa yang harus dilakukan untuk menyikapi kondisi perusahaan yang dimilikinya. KPI biasanya digunakan terutama untuk mengukur berbagai parameter kualitatif yang memiliki kecenderungan cukup sulit untuk diukur.

Tidak semua matrik bisa dianggap sebagai Key Performance Indicators. Suatu matrik bisa dianggap sebagai KPI bila memenuhi beberapa kriteria antara lain berupa memiliki target, berorientasi pada outcome, serta memiliki nilai ambang batas. Agar KPI dapat bekerja secara lebih optimal, maka KPI juga harus memenuhi beberapa kriteria antara lain spesifik, terukur, realistis, bisa dipercaya, dan target waktu.

KPI memiliki peran yang cukup penting dalam jalannya berbagai proses dalam sebuah perusahaan. Dengan menggunakan KPI, perusahaan bisa mengukur kinerja serta performa setiap bagian dalam perusahaan tersebut. KPI yang digunakan untuk mengukur performa pada setiap bagian di dalam suatu perusahaan memiliki variabel yang berbeda-beda.

Dalam menetapkan KPI, ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan. Pertama, Anda sebaiknya menetapkan tujuan yang akan dicapai oleh perusahaan Anda. Hal ini dianggap sebagai dasar utama dalam penetapan KPI.

CONTOH LENGKAP KPI BAGIAN PRODUKSI ATAU PABRIK DAN MAINTENANCE BISA DI-DOWNLOAD DISINI…..

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan dalam menetapkan KPI adalah menciptakan proses bisnis yang sudah terdefinisi secara jelas. Anda juga perlu menetapkan berbagai ukuran baik kuantitatif maupun kualitatif berdasarkan atas tujuan yang akan dicapai oleh perusahaan Anda.

Selain itu, sebelum menetapkan KPI, ada baiknya Anda memonitor atau memperhatikan setiap kondisi yang terjadi pada perusahaan Anda serta melakukan berbagai perubahan yang dibutuhkan sehingga Anda dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

KPI untuk bagian pemeliharaan mesin akan membantu dalam penyusunan balance scorecard di suatu perusahaan. Ada beberapa poin penting dalam KPI untuk bagian pemeliharaan mesin yang perlu diperhatikan sehingga bisa didapatkan hasil yang maksimal. Selain ukuran keberhasilan, di dalam KPI untuk bagian pemeliharaan mesin juga perlu diperhatikan unit pengukuran untuk tiap poin.

Poin pertama dalam KPI untuk bagian pemeliharaan mesin adalah waktu rata-rata yang dibutuhkan dalam memperbaiki fasilitas mesin yang digunakan pada proses produksi. Unit pengukuran untuk poin ini adalah jam. Semakin rendah waktu rata-rata yang dibutuhkan dalam memperbaiki fasilitas, maka semakin bagus pula nilai KPI.

Poin selanjutnya dalam KPI untuk bagian pemeliharaan mesin adalah jumlah total biaya yang dikeluarkan sebagai akibat dari rusaknya fasilitas produksi tertentu.

Unit pengukuran untuk poin ini adalah kurs rupiah. Biaya yang dimaksud di sini hanya mencakup biaya pembelian sparepart dan ongkos perbaikan. Biaya tidak termasuk kehilangan pendapatan akibat rusaknya fasilitas produksi.

Waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk menyelesaikan order perbaikan fasilitas mesin dalam proses produksi juga merupakan salah satu poin penting yang perlu diperhatikan dalam KPI untuk bagian pemeliharaan mesin.

Unit pengukuran untuk poin ini adalah jam atau hari. Selain itu, poin lain yang perlu diperhatikan adalah waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk pemeliharaan fasilitas produksi. Unit pengukuran untuk poin ini juga sama, yaitu jam atau hari.

Frekuensi kerusakan fasilitas mesin dalam proses produksi dalam kurun waktu tertentu serta frekuensi kegiatan pemeliharaan rutin yang dilakukan juga merupakan poin yang perlu diperhatikan dalam KPI untuk bagian pemeliharaan mesin. Selain itu, perlu juga diperhatikan poin usia produktif rata-rata suatu jenis mesin tertentu yang digunakan dalam proses produksi.

CONTOH LENGKAP KPI BAGIAN PRODUKSI ATAU PABRIK DAN MAINTENANCE BISA DI-DOWNLOAD DISINI…..

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!