Cara Menyusun KPI Key Performance Indicators untuk Industri Retail seperti Indomaret

Setiap perusahaan butuh untuk dinilai dan juga untuk mendapatkan evaluasi mengenai kinerja, dan hasil yang telah berhasil dicapai dalam kurun waktu setiap tahun atau per periode yang telah di buat oleh masing-masing perusahaan itu sendiri.

Tidak hanya perusahaan yang sudah berskala besar, namun perusahaan yang masih dalam skala yang kecil atau sedang juga tetap membutuhkan penilaian.

Bisa dibandingkan perusahaan yang hanya sekedar berjalan tanpa ada kepedulian dari masing-masing pihak yang akan terjadi justru kemunduran yang akan berujung pada kondisi dimana semua tidak akan bisa berjalan lagi atau kebangkrutan.

Namun perusahaan yang secara rutin melakukan evaluasi maka akan ada hal-hal negatif atau yang buruk yang masih bisa diperbaiki sehingga keadaan akan membaik sebelum akhirnya memburuk jika terlambat. Salah satu cara bentuk penilaian yang tergolong akurat dan juga cukup transparant adalah dengan menggunakan key performance indicators.

Key performance indicators berguna untuk semua jenis perusahaan termasuk untuk perusahaan seperti supermarket dan indomart yang basisnya adalah retail atau perdagangan.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Ini tentu akan berkaitan dengan masalah kepuasan tidak hanya dalam lingkup internal sesama karyawan tetapi juga sampai ke lingkup luar yang berhubungan dengan konsumen yang terdiri dari berbagai kalangan dan lapisan. seperti yang kita ketahui bahwa sesuatu yang buruk sekecil apapun itu akan dengan sangat cepat menyebar sampai mana saja dibandingkan dengan suatu hal besar yang baik. Ini adalah suatu kehebatan dalam hal yang namanya komunikasi dari mulut ke mulut yang bisa berkembang tanpa ada batasan dalam waktu yang sangat singkat. Nah, bagaimana cara menyusun key performance indicator untuk kebutuhan supermarket dan atau indomart?

Pertama, perhatikan akan hal-hal yang kruisial seperti visi dan misi perusahaan akan seperti apakah kondisi perusahaan di masa depan nantinya. Lalu setelah itu jadikan visi misi sebagai patokan untuk mengembangkan key performance indicators yang ujungnya harus mengacu pada visi misi perusahaan.

Lalu kemudian, ada banyak indicator mengenai ukuran kesuksesan dan keberhasilan setiap perusahaan perdagangan seperti supermarket ada banyak hal yang diperlukan untuk merancang dan membuat key performance indicators ini sehingga bisa menjadi sebuah alat untuk menilai yang memadai dan maksimal. Untuk key performance indicators ini sendiri ada dalam dua bentuk yaitu yang khusus untuk perusahaan itu sendiri dan juga untuk setiap karyawan yang bekerja di dalam nya

Beberapa hal yang diperlukan untuk menyusun key performance indicators ini antara lain adalah:

 Scientific atau yang artinya pembuatan key performance indicators ini harus secara terperinci, fokus dan juga detail dengan tujuan supermarket seperti indomart yang harus dimasukkan serta ke dalam nya.

 Measurable yang artinya pembuatan dan perancangan key performance indicators ini harus dibuat secara objective dan bisa terukur dengan benar sehingga hasilnya akan akurat. Objective dalam sebuah key performance indicators ini bisa diwujudkan dengan bentuk angka.

Misalkan saja, dalam sebulan jumlah supplier yang masuk, jumlah produk baru yang masuk, jumlah total barang yang keluar atau terjual, jumlah barang rusak atau expired, jumlah kecelakaan saat jam kerja, jumlah karyawan yang masuk, jumlah profit keseluruhan, dll.

 Achievable yang artinya adalah penyusunan key performance indicator ini yang artinya harus realistis pada kenyataan yang ada di lapangan.

Jika akan menciptakan sebuah target untuk setiap karyawan maka sekiranya targe itu harus mampu dicapai oleh semua nya bukan dalam bentuk angka yang terlalu tinggi sehingga sangat mustahil untuk diperoleh. Jangan juga menciptakan sebuah target yang terlalu mudah karena karyawan yang melihat cenderung akan menyepelekan namu jika terlalu tinggi maka mereka sudah merasa menyerah sebelum mulai

 Reliable yang dimaksudkan untuk membuat para karyawan paham benar mengenai harapan perusahaan akan adanya mereka dalam setiap bidang pekerjaan yang mereka ampu. Misalnya saja marketing yang harusnya mampu menarik minat para klien dan brand-brand besar untuk mau memasukkan produk nya ke supermarket nya. Atau misalkan saja bagian promosi yang harus bisa memberi promo produk sehingga mampu meningkatkan penjualan supermarket dengan signifikan.

 Time bound yang adalah batasan waktu setiap orang yang ada di perusahaan itu terutama untuk team penyusun key performance indicators sehingga KPI bisa selesai tepat waktu dan segera bisa di gunakan. Target waktu ini juga harus dimasukkan ke dalam key performance indicators setiap bagian misalkan bagian keuangan yang sudah harus menyelesaikan neraca penjualan akhir setiap tanggal 30 atau 31 dalam setiap bulannya sehingga pada awal bulan meeting sudah bisa mulai dilakukan untuk membahas dan evaluasi bulan yang lalu.

Setelah hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam penyusunan KPI untuk supermarket diatas, maka masih ada beberapa hal yang akan dilewati oleh para team penyusun key performance indicators sehingga KPI akan menjadi alat evaluasi yang relevan. Hal tersebut adalah :

1. mengumpulkan data baik di lapangan, atau melalui dokumen
2. menyamakan pandangan dengan jajaran tertinggi di supermarket untuk key performance indicator yang diharapkan
3. review semua indicator yang ada di perusahaan yang mungkin telah dibuat atau telah ada sebelum nya
4. evaluasi indicator untuk semua jajaran jabatan dari yang paling rendah sampai jabatan tertinggi
5. melihat apakah indicator yang ada sudah efektif atau belum

Setelah semua selesai dan key performance indicator untuk supermarket telah selesai, saatnya masuk ke dalam penerapan yang harus dilakukan dengan matang juga oleh semua jajaran.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.