Cara Menyusun KPI Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi di Indonesia semakin hari semakin bertambah banyak karena semakin tingginya minat masyarakat terhadap asuransi. Berbagai jenis asuransi mulai dari asuransi pendidikan hingga asuransi jiwa sangat diminati di masyarakat karena asuransi dianggap sebagai sebuah investasi yang menguntungkan baik untuk pihak pemberi maupun penerima asuransi.

Mengelola sebuah bisnis asuransi tidaklah mudah. Meskipun bisnis ini sudah digeluti oleh banyak orang, bukan berarti bisnis asuransi mudah dan tanpa hambatan. Tentunya seperti bisnis-bisnis yang lain, bisnis asuransi pun membawa beberapa kelemahan serta hambatan yang harus ditangani jika ingin bisnis berjalan baik dan lancar seperti yang diinginkan.

Bahkan dalam perusahaan asuransi, sebuah analisa KPI pun diperlukan untuk memonitor kinerja serta memastikan bahwa perusahaan dapat mencapai target yang diinginkan dan ditetapkan. Sangat penting bagi sebuah perusahaan asuransi untuk mencapai target yang sudah ditetapkan dan juga mendapatkan kepercayaan dari masyarakat mengenai perusahaan mereka.

Ada berbagai aspek yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan dalam sebuah perusahaan asuransi, salah satunya adalah aspek kinerja karyawan yang dalam hal ini merupakan hal yang paling berpengaruh. Kinerja karyawan yang baik sangat diperlukan untuk sebuah perusahaan asuransi karena hal itu merupakan kunci yang penting.

Setiap karyawan harus memiliki indikator serta target yang harus dicapai. Dengan adanya indikator maka karyawan bisa dengan mudah dimonitor dan dikontrol jika memang ada hal-hal yang kurang memuaskan. Selain itu, karyawan juga bisa terpacu untuk bekerja lebih produktif dengan adanya target serta indikator yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Jadi, menjaga dan meningkatkan produktivitas karyawan dalam hal ini memang sangat penting karena berpengaruh terhadap kesuksesan dan keberhasilan sebuah perusahaan. Training karyawan juga diperlukan agar karyawan baru yang masuk bisa benar-benar mengerti apa yang harus mereka lakukan.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan perusahaan dengan membuat KPI untuk perusahaan asuransi, salah satunya adalah meningkatkan kinerja pegawai. Manfaat inilah yang ingin didapatkan oleh hampir semua perusahaan yang bergerak dalam bidang apapun karena karyawan merupakan tulang dari sebuah perusahaan.

Adanya KPI dapat membantu mengukur dan meningkatkan kinerja karyawan agar bekerja lebih baik lagi. Selain itu, karyawan pun juga bisa dinilai secara objektif dimana benar-benar hanya kinerjanya yang dinilai dan tidak mengandung unsur-unsur subjektif yang bisa membuat karyawan yang lain merasa dirugikan. Penilaian KPI yang objektif bisa membuat karyawan diperlakukan dengan adil.

KPI tidak hanya berguna untuk pimpinan perusahaan dalam menilai karyawan, namun juga berguna untuk karyawan karena bisa digunakan untuk menilai dan melihat hasil pekerjaan masing-masing. Setiap karyawan memiliki target dan indikator yang harus dicapai. Jadi, dengan adanya KPI masing-masing karyawan memiliki kesempatan untuk melihat dan mengevaluasi hasil kerja mereka sendiri.

Kesempatan untuk mengevaluasi diri sendiri yang ada karena adanya KPI pun bisa mendorong setiap karyawan untuk meningkatkan performa dan kinerja mereka agar bisa bekerja dengan lebih optimal lagi. Perusahaan pun yang lagi-lagi akan diuntungkan karena hal ini dengan meningkatnya kinerja karyawan.
Karyawan yang ditraining dan dibina di dalam perusahaan juga bisa diperlakukan secara objektif dengan adanya KPI. Tidak adanya hal-hal yang bisa menimbulkan kecurangan atau subjektivitas membuat hasilnya lebih transparan dan tidak dibuat-dibuat sehingga baik pimpinan maupun karyawan tidak ada yang dirugikan.

Adanya target serta indikator dari kinerja karyawan dapat membuat karyawan mendapatkan reward atau penghargaan jika mereka berhasil mencapai target yang telah ditetapkan. Dengan demikian karyawan akan semakin terpacu untuk bekerja dengan baik dan tetap mendapatkan reward yang diberikan perusahaan atas keberhasilan dan kinerja yang dimilikinya.

KPI sendiri merupakan sebuah indikator yang menunjukkan kinerja karyawan atau aspek-aspek lain yang ada di perusahaan. KPI dalam perusahaan digunakan untuk memonitor seberapa jauh performa perusahaan untuk meraih target yang dicapai dan sudah seberapa dekat dengan dengan target itu. Bukan hanya untuk karyawan saja, namun KPI juga bisa digunakan untuk berbagai aspek dalam perusahaan.

Dengan adanya KPI, sebuah perusahaan asuransi dapat mencapai target yang telah ditentukan setiap bulannya. KPI pun bisa digunakan untuk memonitor jika memang ada kekurangan maupun kesalahan dalam mengatur dan mengukur indikator keberhasilan suatu perusahaan. Maka dari itu, KPI pun harus dalam bentuk yang bisa diukur agar kesalahan dapat diperbaiki dengan baik.

Karena dalam bentuk indikator, maka sudah sewajarnya bahwa KPI merupakan suatu hasil yang bisa diukur. Indikator pada KPI mengacu pada apa yang memang sedang diukur dan dimonitor. Hal ini mencakup karyawan, biaya produksi, keuangan dan konsumen. Hal-hal tersebut merupakan hal-hal yang paling penting dalam sebuah industri bisnis.

Akan tetapi, mengukur dengan KPI pun juga harus dilakukan sewajarnya saja, tidak perlu berlebihan. Pengukuran yang berlebihan pun tidak akan baik untuk perusahaan karena hal ini dimungkinkan dapat mempengaruhi kinerja dari sebuah perusahaan dalam hal keuangan. Tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk mengukur selama pengukuran yang dilakukan berhasil dan akurat.

KPI harus diperbaharui dan dihitung kembali secara teratur yaitu setahun sekali oleh atasan. Baik pihak atasan maupun pegawai perlu memberikan persetujuan mengenai KPI dimana keduanya tidak merasa diberatkan dengan adanya KPI tersebut. Atasan pun berperan dalam KPI tidak hanya dalam hal mengukur dan memonitor saja, tetapi juga mengevaluasi dan membina karyawan.

Atasan sebagai pihak yang lebih tinggi berkewajiban membantu karyawan dalam mengembangkan kinerja mereka sehingga memberikan hasil yang lebih baik lagi pada penilaian KPI selanjutnya. Atasan bisa memberikan pemahaman yang lebih detail mengenai kinerja karyawan yang perlu ditingkatkan.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!