Contoh IKU atau Indikator Kinerja Utama Lembaga Pemerintahan

Lembaga pemerintahan adalah salah satu lembaga sentral dalam sebuah Negara yang memegang banyak peranan penting terutama untuk hal-hal strategis yang akan berdampak langsung pada kelangsungan negeri ini.

Hanya saja sampai saat ini banyak sekali penilaian-penilaian yang cenderung negatif kepada hampir semua lembaga pemerintahan baik yang berada di daerah sampai ke lembaga pemerintahan pusat.

Contohnya saja para anggota dewan yang harusnya bersinergi untuk memerangi korupsi dan juga menata dan menjaga kelangsungan hakat hidup orang banyak dengan program yang seharusnya menguntungkan dan semakin memperbaiki hal-hal yang selam ini masih di rasa kurang.

Nyatanya yang justru terjadi di lingkup lembaga pemerintahan yang hampir semua yang ada di dalam nya adalah orang dengan pendidikan yang tinggi, dengan latar belakang ekonomi yang baik dan mapan tidak selalu mampu menghasilkan sesuatu yang baik untuk negeri ini. Ini yang harus diperbaiki dengan mengupas kembali indikator kinerja utama untuk mereka yang bekerja di dalam lembaga pemerintahan ini.

Ada banyak sekali fungsi dan manfaat yang akan dirasakan bagi para pekerja dan juga eksekutif yang ada di dalam lembaga pemerintahan itu sendiri salah satunya adalah efisiensi jam kerja yang lebih banyak untuk bekerja secara total dan bukan hanya sekedar datang, tanda tangan lalu pergi seperti khas para pejabat lembaga pemerintahan yang sekarang ini cukup disoroti oleh publik.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Dengan adanya indicator yang akan kemudian dikembangkan menjadi sebuah key performance indicator atau KPI nantinya berguna sebagai salah satu alat evaluasi dan juga penilaian atas hasil kerja mereka selama beberapa periode. Lembaga pemerintahan itu sendiri adalah sebuah organisasi yang cukup besar yang terdapat banyak orang di dalam nya dengan berbagai kemampuan dan karakter sehingga dalam penyusunan key performance indicator juga harus memperhatikan hal tersebut.

Key performance indicator untuk lembaga pemerintahan ini nantinya juga akan berguna untuk melihat apakah selama ini kinerja dari para dewan dan anggota yang terhormat di dalam nya sudah membuahkan hasil yang maksimal dan seperti yang diharapkan?

Lembaga pemerintahan adalah organisasi yang disoroti oleh publik dari segala macam isi di dalam nya. Karena itu semua harus lah berjalan dengan baik dan sesuai dengan visi misi yang mana untuk mengedepankan kepentingan bangsa dan Negara juga para orang yang membutuhkan seperti fakir miskin, kaum papa, anak jalanan, jompo dan mereka yang membutuhkan uluran tangan lebih.

Ideal nya, setiap lembaga pemerintahan yang ada di suatu Negara memiliki paling tidak 7 buah indicator kinerja utama yang dianggap penting dan strategis yang mana setiap point dari indicator tersebut haruslah memiliki angka pasti atau target yang realistis yang sekiranya bisa menantang dan membuat para pegawai nya menjadi bersemangat dan jelas tertantang untuk mencapai nya.

Ada beberapa contoh indicator kinerja utama untuk lembaga pemerintahan yang ada dibawah ini yang nantinya bisa menjadi sebagai contoh untuk Anda yang kemudian bisa dikembangkan kembali atau ditambah dengan indicator lainnya yang mungkin sesuai dengan kebutuhan saat itu

 Indikator kinerja utama lembaga pemerintahan bagian kementrian untuk perekonomian
1. % laju pertumbuhan ekonomi Negara
2. % pengangguran per tahun
3. % pendapatan perkapita Negara
4. jumlah angka untuk pelabuhan baru
5. panjang jalan tol

Indicator kinerja utama lembaga pemerintahan bagian perdagangan
1. jumlah produk yang di ekspor tiap tahun
2. % kenaikan produk import
3. defisit Negara

 Indicator kinerja utama lembaga pemerintahan untuk bagian industry
1. jumlah pertambahan output industri
2. pertambahan produk ekspor
3. % investasi dari luar negeri yang masuk ke Indonesia

 Indikator kinerja utama BUMN
1. jumlah profit BUMN per tahun
2. jumlah kenaikan asset BUMN
3. hasil penilaian GCG BUMN

 Indikator kinerja utama untuk bagian pendidikan
1. % masyarakat yang lulus wajib belajar 9 tahun
2. % masyarakat yang putus sekolah
3. % pengangguran setelah lulus kuliah
4. lama waktu untuk mendapatkan pekerjaan setelah kuliah
5. % siswa yang belajar di luar negeri
6. % siswa luar negeri yang belajar di Indonesia
7. rata-rata kenaikan nilai ujian akhir per tahun

 Indikator kinerja utama lembaga pemerintahan bagian kepolisian
1. % tingkat kriminal di berbagai daerah
2. komplain masyarakat atas kerja kepolisian
3. apresiasi masyarakat atas kerja kepolisian
4. % anggota yang melakukan kejahatan

Contoh dari indicator kinerja utama untuk lembaga pemerintahan di atas masih bisa ditambah lagi dengan melihat perkembangan keadaan saat menyusun key performance indicator itu sendiri. Semakin detail, fokus dan juga terperinci maka hasil dari penilaian jelas akan jauh lebih baik dan maksimal.

Idealnya, untuk setiap lembaga pemerintahan harus melakukan evaluasi atas kinerja setiap karyawan dan orang yang ada di dalam nya paling tidak 1 bulan sekali lalu hasil itu yang telah di rangkum menjadi sebuah kesimpulan berdasarkan hasil nyata scoring key performance indicator yang telah di hitung dengan penuh kesadaran untuk di publish di media –media umum yang bisa secara langsung di lihat dan dibaca oleh masyarakat luas.

Secara tidak langsung, perlahan cara ini akan mampu meningkatkan rasa percaya masyarakat untuk kinerja lembaga pemerintahan yang selama ini masih saja dianggap sebelah mata. Dengan semakin berkualitasnya lembaga pemerintahan berarti Negara kita juga akan semakin dihargai di dunia.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!