Contoh KPI atau Key Performance Indicators untuk Lembaga Pendidikan dan Kursus

Adanya lembaga pendidikan memberikan peran yang penting dalam sebuah daerah atau negara karena lembaga pendidikan merupakan suatu wadah dimana pendidikan diberikan sedangkan pendidikan merupakan tonggak utama dari sebuah negara. Dengan adanya lembaga pendidikan yang baik dan teratur, diharapkan generasi penerus pun bisa menjadi lebih baik lagi.

Lembaga pendidikan tidak hanya sebatas pada lembaga formal seperti sekolah dan univesitas, namun banyak juga lembaga-lembaga yang lain seperti lembaga pendidikan non formal atau bimbingan belajar yang sudah bisa ditemukan dengan mudah sekarang ini. Dengan adanya bimbingan belajar maka siswa tidak hanya belajar di sekolah saja, tapi juga diluar sekolah.

Sebuah lembaga pendidikan merupakan lembaga yang sebenarnya tidak ditujukan untuk mengambil keuntungan karena lembaga pendidikan sendiri merupakan lembaga yang ditujukan untuk mencerdaskan anak bangsa. Akan tetapi, ada beberapa lembaga pendidikan yang juga mengambil keuntungan profit selain memberikan fasilitas yang memadai untuk anak-anak penerus bangsa.

Biasanya lembaga pendidikan yang didirikan oleh pihak swasta lah yang mengambil profit atau keuntungan dari hasil yang diperoleh. Hal ini berlaku baik pada lembaga pendidikan formal maupun non formal yang ada di dalam masyarakat. Jadi, bukan hanya sebuah lembaga pendidikan, namun juga sebagai bisnis yang menguntungkan.

Jadi, lembaga pendidikan pun perlu diukur kinerja serta keberhasilannya karena juga dilakukan secara professional seperti kebanyakan usaha bisnis yang lainnya. seperti usaha bisnis yang lainnya, kinerja karyawan dan keberhasilan dari lembaga pendidikan pun perlu diukur dengan menggunakan indikator untuk bisa mencapai target yang diinginkan.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Dalam lembaga pendidikan, tenaga pengajar merupakan salah satu faktor yang paling penting. Dengan adanya tenaga pengajar yang mumpuni, maka lembaga pendidikan juga bisa berjalan dengan baik sesuai dengan yang telah ditargetkan. Dalam hal ini, karyawan merupakan salah satu faktor yang terpenting dalam mengembangkan lembaga pendidikan.

BSC atau Balanced Scoreboard merupakan sebuah metode dari KPI yang sangat cocok digunakan untuk lembaga pendidikan karena metode ini cukup efektif jika digunakan untuk mengukur kinerja karyawan. Hasil yang diberikan oleh BSC pun terbilang lebih akurat jika dibandingkan dengan metode lain yang ada di KPI.

Hasil dari BSC yang akurat dapat membantu sebuah lembaga pendidikan untuk meningkatkan kinerjanya karena hasil tersebut dapat dijadikan sebagai patokan guna meningkatkan dan mengembangkan lembaga pendidikan yang telah dijalankan. Dengan demikian maka lembaga pendidikan yang didirikan pun bisa berguna dengan baik dalam masyarakat.

BSC sudah banyak digunakan pada jenis perusahaan atau bisnis lainnya selain lembaga pendidikan dan metode ini pun sangat cocok jika digunakan dalam lembaga pendidikan karena memang BSC diutamakan digunakan untuk mengukur kinerja karyawan yang dalam lembaga pendidikan merupakan elemen yang paling penting untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Sebelum menggunakan BSC untuk mengukur kinerja lembaga pendidikan, maka disarankan sebuah lembaga pendidikan harus mampu menentukan target sehingga indikator yang diciptakan pun memiliki fungsi yang tepat. Sudah sewajarnya bahwa sebuah bisnis atau badan usaha memiliki target dan tujuan yang akan dicapainya.

Tergantung dari dimana BSC itu diterapkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengukuran berjalan dengan baik dan sempurna serta tidak membawa kerumitan pada hasil akhirnya. Intinya pada setiap lembaga pendidikan cara pengukurannya sama karena sama-sama memiliki kinerja pegawai yang harus diukur dan juga harus ditingkatkan.

Tujuan dari sebuah lembaga merupakan faktor yang paling penting. Tujuan tersebut akan menjadi tonggak awal atau dasar dari menentukan indikator sebuah lembaga pendidikan yang nantinya akan dijadikan sebagai pengukur kinerja karyawan untuk mengembangkan lembaga pendidikan yang sudah berdiri agar tetap disukai masyarakat.

Sumber daya manusia atau pegawai yang ada di dalam masyarakat juga berpengaruh penting terhadap sebuah perusahaan lembaga pendidikan. Sumber daya manusia yang berkualitas sangatlah diperlukan guna mencapai tujuan dari sebuah lembaga pendidikan. Bukan hanya digunakan sebagai tenaga pengajar, sumber daya manusia juga berguna untuk mengurus bidang lainnya seperti administrasi.

Anak didik atau dalam hal ini merupakan konsumen juga perlu diperhatikan karena mereka lah yang membuat lembaga pendidikan berkembang. Dalam lembaga pendidikan, diperlukan ketekunan yang sangat besar agar anak didik tetap memberikan kesan yang baik terhadap lembaga pendidikan yang sedang mereka gunakan untuk belajar.

Sarana dan prasarana dalam pendidikan pun juga harus dipertimbangkan. Prasarana tersebut meliputi hal-hal yang digunakan untuk membantu siswa belajar dengan baik seperti peralatan pendidikan yang disediakan secara lengkap untuk membuat anak didik belajar dengan baik tanpa merasa terbebani.

Dalam lembaga pendidikan, terdapat beberapa orang yang turut membantu dibangunnya lembaga pendidikan tersebut dimana orang-orang tersebut harus bersatu dan bekerja sama membangun lembaga pendidikan yang layak untuk anak Indonesia agar proses pembelajaran bisa dilakukan dengan baik dan benar.

Jadi, BSC bukan hanya mencakup satu aspek saja yaitu karyawan atau tenaga pendidik, namun BSC mencakup hampir semua aspek yang ada di dalam lembaga pendidikan sehingga lembaga pendidikan bisa berjalan dengan baik dan lancar. Tentunya semua aspek dalam lembaga pendidikan memang harus dipertimbangkan dan diperhatikan dengan baik untuk mencapai tujuan.

Yang terpenting dalam hal ini adalah bagaimana setiap anggota dalam lembaga pendidikan bisa bekerja sama guna mencapai tujuan yang sama yaitu untuk mengembangkan lembaga pendidikan agar bekerja dengan baik dan sesuai dengan tujuan. Setiap anggota harus bertanggung jawab untuk mencapai target yang telah ditetapkan sebelumnya.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.