Contoh KPI Bagian SHE Safety Health and Environment atau Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Key Performance Indicator atau KPI memiliki arti yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Tanpa Key Performance Indicator, perusahaan harus mengawang-awang mengenai prestasi kinerja karyawannya. Padahal, tanpa karyawan yang bisa bekerja dengan baik, maka perusahaan tersebut tidak akan bisa berjalan dengan baik. Tanpa keuntungan yang besar, perusahaan tersebut bisa kolaps seiring berjalannya waktu atau stagnan menjadi usaha yang berskala kecil.

Pentingnya Key Performance Indicator bagi suatu perusahaan bermakna bahwa keberadaannya tidak bisa disepelekan. Artinya, pengembangan indikator yang digunakan harus benar-benar valid dan reliabel. Tanpa adanya syarat tersebut, maka hasil asesmen menggunakan Key Performance Indicator hanya omong kosong belaka. Malah, bisa jadi hasil asesmen tersebut menyesatkan dan membuat suatu perusahaan mundur karena informasi yang didapatkan tidak tepat.

Key Performance Indicator sendiri dapat dibedakan atas banyak hal. Terdapat Key Performance Indicator untuk information technology, finance and accounting, internal audit, maintenance management, hingga produksi dan PPIC. Selain itu, terdapat pula Key Performance Indicator untuk masalah safety health and environment.

Safety health and environment terdiri dari tiga bagian inti yakni unsur safety atau keamanan, unsur health atau kesehatan, dan unsur environment atau lingkungan. Ketiganya saling terkait satu sama lain dan memiliki peran yang harus diperhatikan dalam kesuksesan perusahaan. Aspek ini berupa ilmu dan penerapan mengenai kecelakaan dan penyakit yang terjadi akibat kerja seorang karyawan pada sebuah perusahaan, serta dampak perusahaan bagi lingkungan di sekitarnya.

Contoh KPI untuk safety health and environment, khususnya untuk bidang health dan safety biasanya mencakup hal-hal sebagai berikut:

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

1. Persepsi karyawan terhadap komitmen perusahaan
2. Pengeluaran atas pencegahan sakit dalam sebulan
3. Jumlah kehilangan waktu atas kecelakaan yang terjadi untuk tiap 100.000 jam kerja

4. Jumlah kehilangan waktu karena kecelakaan yang tidak fatal untuk setiap 100.000 jam kerja
5. Jumlah kejadian fatal untuk setiap 100.000 jam kerja

6. Jumlah kejadian yang tidak dilaporkan untuk setiap 100.000 jam kerja
7. Jumlah pemeriksaan kesehatan dalam satu bulan

8. Jumlah kehadiran pada rapat komite yang membahas mengenai safety health dan environment.
9. Jumlah masalah yang meningkat pada bidang safety, health, dan environment.

10. Jumlah persentase komita safety, health, dan environment yang telah diimplementasikan.
11. Jumlah jam training yang dihabiskan untuk pelatihan safety dan health pada tiap bulannya.

12. Jumlah persentase staf/ karyawan yang mengikuti training mengenai keamanan dan keselamatan dalam bekerja.

Sedangkan contoh KPI untuk safety health and environment khususnya untuk bidang environment biasanya mencakup hal-hal sebagai berikut:

1. Jumlah energi yang tersimpan karena usaha konservasi dan efisiensi energi yang dilakukan.
2. Jumlah rerata konsumsi listrik untuk setiap karyawan yang digunakan untuk bekerja serta untuk produknya.
3. Jumlah pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk energi yang dihabiskan.

4. Jumlah gas akibat efek rumah kaca atau greenhouse gas (GHG) yang dikeluarkan oleh para karyawan pada setiap bulannya.
5. Jumlah halaman kertas yang digunakan oleh para karyawan untuk setiap bulannya.
6. Jumlah sampah membahayakan yang diproduksi setiap bulannya.

7. Jumlah sampah yang tidak membahayakan yang diproduksi setiap bulannya.
8. Jumlah penggunaan benda-benda daur ulang.
9. Jumlah total energi yang dikeluarkan untuk setiap satu unit produksi.
10. Jumlah total energi yang dibeli setiap bulan.

11. Jumlah air yang digunakan oleh para karyawan untuk setiap bulannya.
12. Jumlah air yang digunakan untuk proses produksi yang dilakukan.

Beberapa indikator Key Performance Indicator untuk safety, health, dan environment di atas tentu tidak bisa langsung diaplikasikan begitu saja. Perusahaan harus tahu apa jawaban yang standar sehingga bisa tahu apakah jawaban di atas memenuhi kualifikasi standar atau belum. Apalagi, inti dari Key Performance Indicator adalah penilaian yang dibangun dengan objektifitas bukan subjektivitas.

Jadi, tidak bisa dilakukan dengan asal begitu saja.
Pengetahuan akan standar yang diharapkan juga harus sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Oleh karenanya, pengembangan Key Performance Indicator untuk safety, health, dan environment harus benar-benar didasarkan pada pengetahuan yang memang baik akan perusahaan tersebut.

Tanpa dasar tersebut, maka Key Performance Indicator untuk safety, health, dan environment yang dikembangkan tidak akan memberikan feedback yang baik bagi perusahaan.

Penerapan Key Performance Indicator untuk safety, health, dan environment ini juga harus benar-benar maksimal. Diperlukan jawaban yang jujur sehingga asesmen yang dilakukan dapat digunakan sebagai bentuk perbaikan untuk perusahaan yang lebih baik. Tanpa kejujuran dalam asesmen maka sia-sia saja dilakukan proses yang salah satu tujuannya untuk memperbaiki perusahaan tersebut.

Dengan asesmen yang baik dan penerapan secara keseluruhan yang bagus, maka perusahaan dapat berkembang dengan lebih baik. Dari segi health atau kesehatan, karyawan bisa menghasilkan kualitas kinerja yang lebih baik bila hasil asesmen digunakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan yang diberikan. Dengan demikian, perusahaan tidak perlu terus menerus kehilangan karyawannya yang benar-benar bisa merugikan dan buka berarti tidak bisa meninggalkan kesan atau citra negatif.

Sedangkan dari sisi lingkungan, asesmen yang tepat akan membuat perusahaan memiliki brand unggul baru sebagai perusahaan ramah lingkungan. Hal ini bisa terjadi bila perusahaan melakukan perbaikan atau peningkatan atas kualitas yang sudah ada. Produk-produk perusahaan pun akan menjadi lebih diterima di negara-negara seperti Uni Eropa yang memiliki standar ketat untuk isu lingkungan hidup.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!