Contoh KPI dan BSC Perusahaan Perkebunan seperti Usaha Kebun Kelapa Sawit

Bisnis perkebunan merupakan salah satu bisnis yang cukup banyak ditemukan di Indonesia mengingat Indonesia adalah negara agraris. Ada banyak jenis tanaman di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai lahan perkebunan yang baik karena bisa tumbuh dengan baik dan menjadi prospek yang menguntungkan.

Indonesia memang memiliki tanah yang subur dengan sumber daya alam yang melimpah sehingga negara Indonesia sangat cocok digunakan untuk bercocok tanam dan menghasilkan berbagai macam jenis buah ataupun sayuran. Produk-produk yang dihasilkan perkebunan di Indonesia dikenal cukup baik dan berkualitas karena dukungan sumber daya alam yang mencukupi.

Akan tetapi, meskipun Indonesia memiliki tanah yang subur, menjalankan sebuah bisnis perkebunan tanpa memperhatikan aspek serta elemen yang penting tidak akan bisa berjalan lancar. Harus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar nantinya perkebunan yang dikelola bisa tumbuh dan berkembang dengan baik serta menghasilkan produk yang berkualitas.

Salah satu cara yang paling efektif untuk dapat membuat usaha perkebunan Anda selalu berjalan lancar sesuai dengan keinginan adalah dengan meningkatkan kinerja perusahaan perkebunan yang dikelola. Kinerja dalam sebuah perusahaan merupakan tulang sebuah perusahaan yang tanpanya maka perusahaan tidak akan berdiri dengan kokoh.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika menyangkut kinerja dalam sebuah perusahaan khususnya adalah sebuah perusahaan perkebunan, diantaranya adalah kerja karyawan, produk yang dihasilkan serta biaya untuk produksi.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Ketiga hal tersebut sangat penting untuk dipertahankan kualitasnya agar perusahaan perkebunan berdiri kokoh untuk waktu yang diinginkan.

Jika dirasa sulit untuk meningkatkan, maka cukuplah untuk sementara dipertahankan. Menjaga kualitas perusahaan yang sudah ada dan sudah dibangun sangatlah penting untuk sebuah kesuksesan perusahaan. Pertahankanlah apa yang sudah menjadi kekuatan dari perusahaan perkebunan Anda, melingkupi kualitas dari produk yang dihasilkan, kinerja karyawan serta penekanan pada biaya produksi.

Jika ketiga hal tersebut sudah mampu dilakukan dengan baik, maka pertahankan. Khususnya pada sektor penghasil produk berkualitas, hal ini harus benar-benar dipertahankan bahkan kalau bisa harus ditingkatkan karena produk yang dihasilkan akan mempengaruhi jumlah konsumen serta kepercayaan konsumen terhadap perusahaan Anda.

Memang tidak mudah untuk meningkatkan apa yang sudah dikembangkan, itulah kenapa KPI diperlukan dalam sebuah perusahaan guna membantu meningkatkan performa dan kualitas suatu perusahaan agar tetap menghasilkan produk-produk yang berkualitas serta didukung oleh kinerja karyawan yang mumpuni.

Ada bermacam-macam metode dalam KPI yang bisa digunakan untuk mengukur serta mempertahankan kinerja perusahaan yang mencakup tiga aspek penting tadi. Memilih metode yang paling tepat sangat berpengaruh terhadap hasil yang ingin Anda ketahui. Jadi, pilihlah metode yang tepat sesuai dengan jenis usaha Anda.

Tujuan dari KPI adalah untuk meningkatkan performa serta kualitas dari sebuah perusahaan dari berbagai aspek. Saat Anda memilih sebuah metode yang tepat untuk perusahaan, maka pikirkan target dan tujuan perusahaan dan pastikan bahwa apa yang Anda lakukan bisa membantu Anda memonitor serta mengecek hal-hal yang perlu ditingkatkan dalam perusahaan perkebunan Anda.

Balanced Scoreboard atau BSC merupakan salah satu jenis metode dalam KPI yang saat ini sedang banyak digunakan oleh banyak perusahaan. Anda pun bisa mencoba memakai metode ini untuk memberikan hasil yang Anda inginkan serta membantu meningkatkan kinerja dalam perusahaan Anda secara optimal.

Metode ini sedang banyak digunakan karena BSC menguntungkan pihak dari pemilik perusahaan atau dalam hal ini merupakan pemilik perkebunan. Metode ini dapat digunakan untuk memonitor serta mengatur strategi dan kinerja dalam perusahaan oleh pemiliknya secara langsung sehingga akan lebih mudah bagi pemilik perusahaan untuk meningkatkan performa yang ada.

Bukan hanya untuk perusahaan perkebunan, namun BSC juga berguna untuk berbagai jenis perusahaan lainnya seperti perusahaan keuangan karena keuntungan yang diberikannya. Tergantung dari aspek apa di dalam perusahaan yang ingin Anda kembangkan, Anda harus melihat dengan benar hal-hal yang perlu dipertimbangkan, misalnya dalam bidang keuangan.

Jika BSC digunakan untuk mengukur kinerja dalam bidang keuangan di perusahaan perkebunan, maka tujuan harus dijadikan landasan metode yang kemudian manajer ditugaskan untuk memonitor pencapaian yang telah dihasilkan dalam bidang keuangan sebagai analisa dari metode yang digunakan.

Selain keuangan, konsumen juga perlu diperhatikan dan perlu ditingkatkan. Kepuasan konsumen terhadap layanan serta produk yang diberikan haruslah benar-benar ditingkatkan dan dipertahankan. Konsumen yang meningkat secara otomatis akan membantu perusahaan mencapai target yang telah ditentukan dalam memproduksi serta menjual hasil yang telah diproduksi.

Bagian internal perusahaan Yang merupakan bagian operasional juga perlu ditingkatkan karena hal ini juga berkaitan dengan kepuasan dan banyaknya konsumen yang ada. Karena bisnis ini merupakan bisnis perkebunan yang bergantung pada sumber daya alam, perspektif sumber daya alam di masa yang akan datang juga harus dipikirkan mulai dari sekarang.

Aset-aset yang ada di perusahaan juga di masa depan akan berpengaruh terhadap pertumbuhan perusahaan. Intinya, hal-hal yang terjadi di masa depan dan akan berpengaruh terhadap kinerja dari perusahaan harus dipikirkan dari sekarang khususnya hal-hal yang masih bisa diusahakan seperti aset dalam perusahaan dan keahlian karyawan.

Dalam sebuah bisnis atau perusahaan, memang ada banyak hal yang perlu diperhatikan dengan baik serta dipersiapkan agar perusahaan yang dibangun bisa bertahan dalam waktu yang diinginkan hingga di masa depan. Karena itu, mempertahankan apa yang sudah baik serta meningkatkannya sangat penting untuk dilakukan agar bisnis berjalan lancar dan tidak tersendat.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!