Contoh KPI untuk Bagian IT dan Interna Audit

Suatu perusahaan biasanya terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi serta tugasnya masing-masing. Sebagai pemilik perusahaan, Anda perlu memperhatikan setiap bagian dari perusahaan yang Anda miliki sehingga performa perusahaan secara keseluruhan dapat tetap terjaga atau bahkan dapat ditingkatkan. Anda juga perlu memecahkan masalah yang muncul pada tiap bagian dalam perusahaan Anda sehingga setiap bagian dalam perusahaan dapat memberikan kontribusi yang optimal untuk kemajuan perusahaan secara keseluruhan.

Salah satu bagian yang memiliki peran yang cukup penting dalam suatu perusahaan adalah bagian IT. Secara umum, bagian IT dalam suatu perusahaan biasanya bergerak di bidang yang ada hubungannya dengan teknologi komunikasi. Seperti juga bagian perusahaan lainnya, penting bagi Anda untuk memperhatikan serta meningkatkan performa bagian IT dalam perusahaan Anda sehingga bagian ini dapat berfungsi secara lebih optimal.

Untuk mengukur performa bagian IT dalam perusahaan Anda, ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan. Salah satu metode pengukuran performa pada perusahaan yang sudah cukup umum digunakan adalah metode pengukuran dengan menggunakan KPI. Pada dasarnya, KPI dapat digunakan untuk mengukur performa perusahaan secara keseluruhan dan mengukur performa bagian-bagian dalam perusahaan, termasuk bagian IT.

Dalam mengukur performa bagian IT dengan menggunakan KPI, ada beberapa variabel yang digunakan. Secara garis besar, KPI yang digunakan pada bagian IT untuk mengukur performa bagian ini biasanya digolongkan ke dalam dua kelompok utama. Kelompok pertama adalah KPI untuk individu atau tim dan kelompok kedua adalah KPI untuk sistem yang digunakan pada bagian IT. Kedua kelompok KPI ini sama pentingnya dan perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil pengukuran performa yang maksimal.

KPI untuk individu atau tim yang digunakan untuk mengukur performa bagian IT terdiri dari beberapa variabel. Variabel pertama yang digunakan untuk mengukur performa individu atau tim pada bagian IT adalah jumlah rata-rata bantuan teknis yang diberikan per hari selama satu bulan. Variabel ini diukur berdasarkan hasil yang didapat pada tahun yang sedang berlangsung yang kemudian dibandingkan dengan hasil yang didapat pada tahun lalu.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Variabel kedua yang digunakan untuk mengukur performa bagian IT adalah jumlah total bantuan teknis yang diberikan berbanding dengan jam kerja.

Variabel ini dapat membantu Anda untuk mengatur jam kerja bagian IT dengan cara mempertahankan standar produktivitas. Hasil pengukuran yang didapat pada tahun yang sedang berlangsung perlu dibandingkan dengan hasil pengukuran yang didapat pada tahun sebelumnya untuk melihat ada atau tidaknya peningkatan performa.

Bantuan teknis yang baru diciptakan serta bantuan teknis yang telah tersedia juga merupakan variabel penting yang digunakan untuk mengukur KPI individu atau tim dalam bagian IT di perusahaan Anda.

Selain itu, variabel lain yang perlu digunakan dalam KPI untuk bagian IT adalah waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk menyelesaikan atau memberikan bantuan teknis. Variabel ini diukur berdasarkan berapa banyak bantuan teknis yang bisa diberikan dalam satu bulan.

Sementara itu, variabel yang digunakan pada KPI untuk sistem yang digunakan pada bagian IT meliputi persentase kerja sistem, media penyimpanan produksi, daya tampung produksi, serta pemanfaatan kapasitas koneksi. Variabel-variabel ini digunakan untuk memaksimalkan kerja sistem yang digunakan pada bagian IT dalam suatu perusahaan.

Selain itu, KPI untuk sistem yang digunakan pada bagian IT juga akan dapat membantu bagian IT untuk menyelesaikan semua masalah yang muncul, terutama masalah-masalah yang berkaitan dengan sistem.

Selain bagian IT, bagian lain yang juga tak kalah pentingnya dalam sebuah perusahaan adalah bagian Internal Audit. Anda juga bisa mengunakan KPI untuk mengukur performa bagian internal audit dalam perusahaan yang Anda miliki. Ada juga beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika mengukur performa bagian internal audit pada perusahaan Anda dengan KPI.

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan ketika mengukur peforma bagian internal audit dengan menggunakan KPI adalah melaporkan waktu audit berdasarkan rasio pemanfaatan staf. Hal ini dinilai akan lebih efisien dibandingkan melacak waktu audit. Ketika dilakukan analisis, Anda akan dapat mengidentifikasi apakah waktu audit telah digunakan secara maksimal atau belum.

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan KPI untuk mengukur performa bagian internal audit adalah pengukuran kualitas. Pada dasarnya, kualitas merupakan suatu aspek yang tak dapat diukur. Cara mengukur kualitas pada bagian internal audit dalam suatu perusahaan adalah dengan menghitung intensitas penggunaan layanan internal audit oleh manajemen.

Mengevaluasi keahlian karyawan bagian internal audit juga merupakan hal penting yang perlu dilakukan ketika menggunakan KPI untuk mengukur performa bagian internal audit dalam suatu perusahaan. Cara mengukur keahlian tim internal audit adalah dengan melacak waktu rata-rata pengalaman audit, menghitung jumlah waktu pelatihan yang diberikan pada tiap auditor, menghitung jumlah sertifikasi yang dipegang oleh staf, serta kepemilikan tiap staf terhadap perusahaan.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, Anda akan bisa mengevaluasi tingkat keahlian staf internal audit dalam perusahaan Anda secara lebih efektif dan efisien.

Hal lain yang sebaiknya Anda perhatikan ketika mengukur performa bagian internal audit dalam perusahaan Anda adalah pendokumentasian laporan audit. Sebelum Anda mengeluarkan laporan audit, perhatikan jumlah pertemuan yang dilakukan auditor dengan pemegang saham. Anda juga sebaiknya mengevaluasi hasil pertemuan tersebut sehingga Anda bisa menyusun laporan yang lebih berkualitas dan dapat digunakan secara lebih efektif.

Apabila Anda menemui masalah dalam bagian internal audit di perusahaan Anda, Anda bisa juga menggunakan KPI untuk merumuskan masalah sehingga Anda dapat memperoleh solusi yang tepat untuk masalah tersebut. KPI juga bisa Anda gunakan untuk merumuskan tujuan, baik tujuan bagian IT maupun tujuan bagian internal audit.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!