Contoh Paling Lengkap KPI Manajer SDM dan KPI Bagian HRD

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai KPI untuk bagian personalia atau HRD, kita dituntut tahu terlebih dahulu mengenai apa itu KPI. KPI merupakan kependekan atau singkatan dari Key Perfomance Indicator.

Istilah ini sering kali ditanyakan kepada calon karyawan ketika mereka melakukan wawancara.

Manajer HRD selaku pewawancara biasanya menanyakan mengenai KPI dari calon karyawan tersebut di perusahaan lamanya, kemudian apakah calon karyawan tersebut mampu mencapai KPI yang diberikan kepadanya, dan bagaimana cara yang dilakukannya untuk mencapai KPI tersebut.

Mengenai KPI dari sebuah perusahaan sendiri ada besaran, target, serta bobotnya. Biasanya kepala departemen akan memaparkan uraian tersebut kepada staffnya. KPI tersebut harus bisa staff penuhi.

Secara umum, KPI sering dianggap sebagai taget yang atasan berikan baik itu atasan dari sebuah unit kerja baik itu organisasi maupun perusahaan kepada seseorang maupun jabatan tertentu dalam unik kerja tersebut.

Contoh Lengkap KPI HRD bisa di-download DISINI.

Namun, lebih tepatnya, KPI itu sendiri merupakan sebuah ukuran yang sifatnya kuantitatif yang digunakan untuk mengukur kinerja sebuah unit, perusahaan, departemen, atau organisasi dalam mencapai sebuah tujuan, KPI sering disebut juga KSI atau Key Success Indicator, indicator kesuksesan.

Setiap jabatan atau posisi akan memiliki KPI yang berbeda-beda tergantung dari tujuannya. KPI akan membantu unit kerja, perusahaan, departemen, atau organisasai dalam mencapai target untuk mengetahui sejauh mana sasaran dari target tersebut dalam pencapaiannya.

Pengukuran ini juga akan menunjukan dimana dan seberapa besar letak kekurangan serta kelebihan berikut perbandingannya dengan target yang ingin dicapai. Pada pengukuran inilah kinerja dari karyawan bisa atasan nilai.

Sedangkan untuk bagian personalia atau HRD sendiri merupakan kependekan dari Human Resources Development. Posisi atau bagian ini merupakan nyawa dari sebuah perusahaan. Otoritasnya pada sebuah perusahaan cukup tinggi. Posisi ini juga dominasinya juga cukup tinggi dalam pengambilan langkah manajerial perusahaan termasuk kebijakan yang akan diberikan kepada para karyawannya.

Tanggung jawab bagian HRD dalam pengelolaan kemampuan tenaga kerja serta menggalinya dan mengembangkan kemampuan atau potensi tersebut dengan berbagai metode. Salah satu metode yang digunakan adalah KPI atau Key Perfomance Indicator. Di samping itu pelatihan atau training baik itu mengenai kepemimpinan atau keterampilan dalam dunia kerja juga tetap diberikan.

Bisa disimpulkan, bahwa fungsi bagian personalia atau HRD dalam sebuah perusahaan yaitu sebagai perencana, pengorganisasi, pengarah, dan pengawas. Sedangkan secara operasionalnya yaitu sebagai pengada, pengembang, pemberi kompensasi, pengintegrasi, dan pemelihara.

Tugasnya, mulai dari membuat anggaran, analisis jabatan, deskripsi, dan spesifikasinya. Menentukan dan memberikan sumber dari tenaga kerja, kemudian mengurus dan mengembangkan proses dari pendidikan dan pendidiknya. Mengurus seleksi dari tenaga kerja tersebut, mengurus pemberhentian seperti pensiun, serta kesejahteraannya.

Contoh Lengkap KPI HRD bisa di-download DISINI.

Dalam melakukan tugasnya, bagian personalia atau HRD yang sering juga disebut bagian SDM dalam membuat KPI, daftarnya adalah sebagai berikut:

1. Pengukuran produktivitas karyawan diukur menggunakan sales revenue. Jumlah dari sales revenue ini dihitung per karyawan baik itu yang tetap ma