Penetapan KPI Key Performance Indicators dalam Perumusan Strategi Bisnis

KPI dalam dunia bisnis harus direncanakan dan disusun bagaimana strategi untuk mencapai atau membidiknya tepat sasaran. Rencana bisnis akan berjalan dengan lancar dengan dukungan KPI (key performance indicators) dan strategi yang jelas.

Strategi yang direncanakan sesuai KPI juga akan melahirkan dan mengembangkan peluang yang baru sesuai dengan sumber daya yang tersedia. Lahirnya potensi baru yang akan menjadi senjata.

Ada banyak metode yang digunakan dalam menyusun KPI dan strategi bisnis. Namun, tidak banyak yang efektif dalam menjalankannya. Strategi bisnis, merupakan keyword yang akan melahirkan metode efektif untuk dikerjakan dalam mencapai tujuan atau KPI dan sebisa mungkin melebihi dari apa yang diharapkan.

Kata kunci ini merupakan langkah awal dalam menentukan KPI Kemudian, susun KPI dengan penyusunan strategi yang mampu menjawab pertanyaan yang mengandung unsur 5W1H.

Misalnya, apa atau siapa KPI Anda, dimana lokasinya, bagaimana melakukan pendekatannya, dan pertanyaan lainnya.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Bisa juga dengan melakukan review hasil kerja, atau bisa juga keuangan selama masa setahun itu. Analisa, dan pasti akan terlihat adanya peluang baru disana yang harus Anda sadari bahwa itu merupakan peluang untuk masa setahun ke depan. Hitung juga persentase dari KPI bisnis tersebut dengan melihat hasil review tersebut.

Profil ideal dari konsumen atau pelanggan juga bisa dikembangkan sebagai bagian KPI dan strategi bisnis. KPI dibuat dengan gambaran profil ideal seorang pelanggan ideal seperti apa dengan mempertimbangkan karakter seperti sektor industri, ukuran organisasi, letak geografis, dan filosofis kompatibilitas atau tren keuangan beserta psikografisnya.

Dasar dari pembuatan profil ideal pelanggan ini karena dalam bisnis yang memiliki strategi professional, profil ini digunakan. Idelisme selalu dicari dan apa yang ada selalu terus dikembangkan atau diperbaiki. Peluang baru harus Anda analisis tanpa meninggalkan pelanggan lama. Pelanggan baru didahulukan dan pelanggan lama Anda pertahankan.

Ada lima tahapan setidaknya yang harus Anda gunakan dalam perumusan KPI dan strategi dalam berbisnis. Mulai dari pembentukan visi dan arah gerak bisnis, penetapan tujuan serta perubahan pandangan untuk strategi yang lebih baik, perumusan strategi untuk pencapaian KPI yang sesuai dengan harapan, pelaksanaan dan eksekusi dari strategi secara efisien dan efektif, hingga evaluasi efektivitas dari strategi tersebut da melihat seperti apa dampaknya terhadap kinerja.

1. Strategic business vision harus dikembangkan. Hal ini merupakan refleksi dari aspirasi manajemen tentang arah atau masa depan dari perusahaan atau organisansinya. Akan tersedia atau tergambar secara rinci nantinya, langkah seperti apa yang harus diambil dan dilalui. Visi ini juga akan menjadi bagian dari identitas bisnis perusahaan Anda. Jalurnya harus jelas dan strategis.

2. Tujuan yang strategis yang telah direncanakan harus ditetapkan dan hasilnya harus diukur apakah pencapaian bisa membantu atau tidak dalam perkembangan organisasi atau perusahaan tersebut.

3. KPI atau sasaran yang ditetapkan merupakan kumpulan dari KPI yang ditetapkan oleh seluruh manager atau pimpinan dari setiap unit kerjanya. KPI harus bersifat konkret dan terukur. KPI juga harus berkontribusi dalam pencapaian KPI perusahaan. Jadi, perusahaan dapat merinci setiap KPI tersebut dari setiap unitnya dengan tanggung jawabnya masing-masing.

4. KPI dan strategi yang telah dirumuskan oleh perusahaan harus mampu mempresentasikan jawaban atas pertanyaan yang keluar dari setiap unit kerja. Strategi ini akan menjadi isu penting mengenai pencapaian KPI dengan kondisi perusahaan saat ini dan di masa mendatang.

5. Eksekusi pencapaian KPI dengan strategi dan visi pun selanjutnya harus dilakukan secara optimal dan tuntas. Untuk implementasi strategi yang baik dan optimal tersebut butuh orientasi atau leadership yang kuat akan tindakan oleh seorang pemimpin. Adaptifnya kapabilitas organisasi, serta adanya ikatan antara kebijakan remunerasi para pekerja dengan strategi. Sistem IT juga menjadi pendukung penting dalam keberhasilan eksekusi dari strategi tersebut.

6. Terakhir, strategi bisnis tersebut harus dievaluasi dengan proses yang regular. Fase ini akan memperlihatkan gambaran atau jalannya proses selama ini, sudah baik atau belum, dan apa saja yang menjadi elemennya. Apabila elemen belum sempurna, maka tindakan korektif harus segera dilakukan agar pelaksanaan atau eksekusi strategi bisa terarah dan hasilnya sesuai dengan rencana yang diharapkan.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!