Pengembangan KPI atau Key Performance Indicators untuk Bisnis Pertambangan

Dalam sebuah bisnis sebagai pemilik bisnis tersebut pasti ingin bisnis yang dimiliki dan dikelola nya dapat berkembang baik dan pesat sehingga nantinya bisa menghasilkan sebuah profit dan keuntungan yang bisa berguna bagi perusahaan itu sendiri.

Untuk mencapai semua itu tentu dibutuhkan suatu usaha yang tidak mudah dan tidak bisa dianggap sepele apalagi jika Anda sudah fokus pada sebuah bisnis yaitu bisnis pertambangan yang memang selain membutuhkan curahan tenaga dan pikiran untuk mengelola nya juga sangat berkaitan dengan budget dan keuangan dalam jumlah yang tidak sedikit.

Sebagai panduannya, ada baiknya jika Anda menentukan atau menyusun KPI atau key performance indicators yang akan sangat diperlukan sebagai panduan atau alat ukur keberhasilan dan kemajuan dari setiap bagian dari bisnis pertambangan Anda sehingga yang ada adalah hasil yang selalu maju dan maju bukan kemunduran.

Namun dalam menyusun dan membuat KPI yang baik diperlukan juga ketelitian sehingga semua bisa tersampaikan dengan detail di dalam nya dan bisa digunakan serta diterapkan di lingkungan pertambangan terutama pada bagian lapangan yang akan langsung bersentuhan dengan objek.

Setiap bagian perusahaan dan bisnis ideal nya memang memiliki KPI begitu juga untuk bisnis pertambangan yang akan sangat banyak manfaatnya. Disini ada beberapa manfaat dari pada pembuatan dan penerapan KPI di dalam bisnis pertambangan seperti tambang batu bara, tambang emas, tambang minyak, tambang timah dan hasil bumi lainnya.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Manfaat-manfaat itu antara lain adalah:

 Setiap pegawai dan karyawan pasti lah dituntut untuk selalu dapat bekerja dengan baik dan maksimal dalam bidang yang telah diampunya. Karena itu, dengan adanya KPI ini maka akan dapat menjadi alat untuk mengevaluasi sejauh mana hasil kinerja mereka dan semua nya sangat bisa diukur dengan baik dengan range tertentu secara objektif.

 Manfaat yang kedua dari adanya KPI untuk bisnis pertambangan ini adalah setiap karyawan secara tidak langsung akan tahu apa saja hasil yang harus di capai nya dalam kurun waktu tertentu. Ini tentu sangat baik untuk menjadi cambuk bagi karyawan sehingga mereka tidak hanya asal kerja tanpa ada tuntutan atau target pencapaian yang baik.

 Selain itu, key performance indicators juga akan sangat baik untuk menjadi salah satu cara penilaian yang akurat, terukur baik dengan angka atau kata-kata secara subjective dan menghilangkan unsure objectivitas serta bisa menjadi salah satu sarana untuk membina karyawan dengan panduan key performance indicators itu sendiri dengan lebih sistematis dan juga transparant.

 Di dalam sebuah bisnis pertambangan terutama untuk mereka yang bekerja langsung di lapangan pasti akan ada banyak resiko dan juga hal-hal yang tidak akan dihadapi oleh karyawan yang duduk di belakang meja kerja, jika melalui key performance indicators yang baik maka hasil kinerja mereka ternyata sudah terukur dengan target yang tercapai maksimal seperti peningkatan hasil tambang yang siginifikan yang ditunjukkan dengan angka maka bisa menjadi sebuah cara untuk memberi hadiah, penghargaan atau reward kepada karyawan berprestasi tersebut.

Namun KPI juga bisa menjadi bukti untuk memberi punishment atau ganjaran untuk pegawai yang tidak mencapai hasil yang diharapkan oleh perusahaan misalkan hasil tambang ternyata menurun secara signifikan setiap harinya.

 Penilaian berdasarkan key performance indicators akan sangat terlihat di bagian akhir yang mana akan muncul jumlah score setelah diakumulasi dari KPI point pertama.

Untuk hal-hal yang biasanya dimasukkan dalam penyusunan key performance indicators bisnis pertambangan untuk bagian lapangan biasanya menyangkut hasil nyata. Berikut adalah contohnya :

 % jumlah hasil tambang per hari, per bulan, per tahun yang bisa di dapatkan
 jumlah lahan yang bisa diproses menjadi lahan tambang baru per tahun
 kualitas hasil tambang yang bisa di olah menjadi bahan jadi
 % kendaraan yang terjaga kondisinya
 % kendaraan dengan kondisi stabil dan siap untuk digunakan bekerja
 % kendaraan yang harus pensiun per tahun
 tingkat kedisiplinan karyawan saat bekerja

Untuk pembuatan key performance indicators bisnis pertambangan bagian lapangan ini diperlukan tim yang memang berpengalaman di bidangnya dengan survey langsung ke lokasi sehingga pembuatan key performance indicators ini sendiri juga relevant dengan kegiatan pertambangan secara langsung.

Akan menjadi kesalahan jika pembuatan KPI hanya berdasarkan teori namun tidak di sesuaikan dengan keadaan kondisi tambang di lokasi karena setiap perusahaan pertambangan pasti akan menempati lokasi yang berbeda baik dari keadaan alam nya, lokasi sekeliling nya, kondisi masyarakat nya, dan banyak faktor lainnya yang juga harus masuk ke dalam pertimbangan dalam proses penyusunan key performance indicators yang nantinya akan digunakan untuk menilai kinerja setiap karyawan yang berada di posisi tersebut selama 2x dalam satu tahun nya.

Kemudian dari semua hasil score key performance indicators setiap karyawan yang ada akan bisa ditarik kesimpulan berapa banyak karyawan yang bisa mencapai hasil kerja yang maksimal dan yang masih harus di bina lebih dalam sehingga KPI itu secara langsung bisa dijadikan gambaran mengenai kemajuan perusahaan dalam hal ini bisnis pertambangan.

Untuk key performance indicators ini sendiri akan dilakukan untuk semua jajaran karyawan dalam setiap bagian mulai dari yang paling rendah jabatannya sampai dengan jabatan yang paling tinggi karena setiap orang memiliki target yang harus di capainya.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.