Tahapan dan Contoh BSC atau Balanced Scorecard dalam Perusahaan Retail dan Toko

Toko retail merupakan salah satu elemen penting dalam bisnis retail. Saat ini, semakin banyak pemilik bisnis yang memutuskan untuk membuka toko retail serta menjalankan toko retail untuk mendapatkan keuntungan.

Bila Anda memiliki toko retail atau Anda baru saja membuka toko retail, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sehingga Anda bisa menjalankan bisnis Anda secara lebih efektif dan efisien.

Sebagai pemilik toko retail, Anda perlu memperhatikan ketersediaan barang serta kualitas layanan yang diberikan karyawan Anda terhadap konsumen. Anda juga perlu memperhatikan kinerja karyawan Anda serta pengaruhnya terhadap performa bisnis Anda secara keseluruhan.

Bila Anda ingin melakukan pengukuran kinerja pada toko retail yang Anda miliki, Anda bisa menggunakan suatu konsep yang bernama BSC atau Balanced Scoreboard. Konsep ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1992 dan telah menjadi salah satu alat analisis yang paling sering digunakan di dunia bisnis saat ini.

Balanced scorecard pada dasarnya adalah sebuah konsep yang digunakan untuk mengukur kinerja suatu organisasi bisnis, baik yang berorientasi profit maupun yang tidak. Konsep ini dapat digunakan pada semua sektor bisnis mulai dari pengadaan barang, penjualan, kesehatan, pelayanan, bahkan hingga perkebunan atau peternakan.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Selain dapat digunakan pada berbagai sektor bisnis, BSC juga dapat diterapkan pada berbagai departemen dalam perusahaan mulai dari departemen produksi, keuangan, pembinaan karyawan, bahkan hingga departemen distribusi dan penyaluran barang. Salah satu sektor bisnis yang cukup menjamur akhir-akhir ini adalah bisnis retail.

Semakin banyak pemilik bisnis yang memilih untuk bergerak di bisnis retail karena sektor bisnis yang satu ini dianggap sebagai salah satu komponen penting di dunia bisnis yang kehadirannya dibutuhkan oleh sektor-sektor bisnis lainnya.

Bila Anda ingin menggunakan BSC untuk mengukur kinerja toko retail yang Anda miliki, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu.

Contoh BSC

Salah satu hal penting yang perlu Anda ketahui mengenai BSC adalah tolak ukur apa yang akan Anda gunakan dalam mengukur kinerja toko retail Anda atau aspek-aspek apa saja yang sebaiknya Anda perhatikan ketika akan mengukur kinerja toko retail yang Anda miliki.

BSC tidak hanya memfokuskan pengukuran pada aspek finansial saja namun juga pada aspek non finansial seperti target serta performa unit bisnis secara keseluruhan. Konsep ini juga memungkinkan manajer untuk melakukan pemetaan strategi untuk menentukan pengaturan berbagai aspek dalam organisasi bisnis.

Ada empat aspek yang perlu diamati dalam BSC. Keempat aspek ini saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Aspek-aspek tersebut adalah:

1. Perspektif adalah pilar dari organisasi yang dibutuhkan untuk mencapai sukses dan diciptakan untuk menyampaikan daya tarik dari berbagai pemegang saham termasuk partner bisnis, pemegang saham, konsumen, supplier, dan karyawan. Ada empat jenis perspektif yang perlu diperhatikan dalam BSC yang digunakan untuk mengukur sukses organisasi secara keseluruhan.

2. Tujuan merupakan alat perencanaan dasar yang mencakup semua perencanaan dan aktivitas. Meskipun digunakan secara bersamaan dengan target, tujuan memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan target dan dapat mencakup beberapa target yang berbeda.

3. Inisiatif adalah tindakan yang memulai proses untuk mencapai tujuan. Sebagai contoh, berbagai jenis implementasi yang digunakan untuk mengontrol pemborosan dalam proses internal.

4. Target adalah ukuran nyata yang mewakili implementasi pencapaian dari inisiatif dan strategi.

Sebuah model organisasi bisnis yang mendasarkan misi, visi, serta strateginya haruslah diperhitungkan ketika memilih perspektif, tujuan, serta target yang tepat. Hal ini akan jadi lebih penting bagi organisasi yang berorientasi pada pelayanan di mana pengukuran pencapaian pada keahlian dibangun dengan kuat berdasarkan hubungan yang bertahan lama antara organisasi dengan konsumen.

Seperti yang disebutkan di atas, ada empat jenis perspektif yang digunakan sebagai tolak ukur dalam BSC. Keempat perspektif tersebut antara lain adalah:

1. Perspektif keuangan. Merupakan aspek yang mengawasi masalah keuangan dalam suatu perusahaan yang memungkinkan manajer untuk mengevaluasi pencapaian keuangan secara menyeluruh dalam suatu organisasi.
2. Perspektif konsumen. Merupakan aspek yang berfokus pada tujuan konsumen seperti kepuasan konsumen, target penjualan di pasar, serta karakteristik produk dan layanan.
3. Perspektif proses internal. Merupakan aspek yang mengawasi tujuan operasional internal dan berfokus pada proses utama yang diperlukan untuk mencapai tujuan konsumen.
4. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Merupakan elemen penting dalam pencapaian tujuan seperti SDM, aset perusahaan, dan aset informasi, termasuk keahlian, pelatihan, perilaku berorganisasi, kepemimpinan, sistem, dan basis data.

Dengan menggunakan keempat perspektif tersebut, pengukuran kinerja dalam sebuah toko retail akan menjadi semakin efektif dan efisien serta dapat memberikan hasil yang bisa digunakan sebagai acuan dalam pemetaan strategi.

Ada berbagai manfaat yang bisa didapat oleh pemilik toko retail yang menerapkan BSC sebagai konsep untuk mengukur kinerja toko retail yang dimilikinya. Manfaat menggunakan BSC antara lain adalah:

1. Inisiatif strategis yang mengikuti metodologi “praktik terbaik” dapat disalurkan dengan merata ke seluruh bagian organisasi bisnis.
2. Dapat membantu meningkatkan kreativitas serta memacu munculnya ide-ide baru.

3. BSC dapat membantu mengatur kunci utama dalam pengukuran performa bisnis dengan strategi yang diterapkan pada semua level di suatu organisasi.
4. BSC menyediakan gambaran menyeluruh tentang operasional bisnis.

5. Konsep ini dapat memfasilitasi komunikasi serta pemahaman akan target bisnis dan strategi pada semua level dalam organisasi.

6. Konsep ini dapat membantu memaksimalkan koperasi serta membantu anggota tim untuk fokus dan saling mendukung demi tercapainya kesuksesan.
7. Konsep ini memberikan hasil yang bisa digunakan serta mampu mengubah strategi ke dalam tindakan nyata.

8. BSC menyediakan umpan balik strategis.
9. BSC menawarkan berbagai keuntungan kompetitif unik seperti mengurangi selisih waktu, meningkatkan kualitas pengambilan keputusan, memberikan solusi yang lebih baik, serta meningkatkan kualitas proses.

Gratis. Katalog KPI (Key Performance Indicators) Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!