Bagaimana Cara Menyusun KPI untuk Perusahaan Telco atau Telekomunikasi?

Sebuah perusahaan telekomunikasi harus memiliki ketentuan nilai KPI tertentu dimana nilai tersebut harus digunakan untuk setiap aspek dan bidang yang ada di perusahaan guna mencapai visi, misi serta tujuan yang diperlukan. Oleh karena itu, guna mencapai target yang telah ditetapkan, harus ada indikator yang mengontrol proses pencapaian target.

Menentukan nilai KPI untuk sebuah perusahaan telekomunikasi memang cukup rumit mengingat dalam perusahaan ada berbagai bidang yang masing-masing memiliki target dan tujuan pencapaian untuk membantu perusahaan lebih berkembang. Akan tetapi, ada bebrapa poin yang harus dipertimbangkan untuk menentukan KPI utama.

Ada beberapa jenis KPI utama yang bisa diterapkan di dalam sebuah perusahaan. Yang pertama adalah LUSR atau Location Update Success Ratio. LUSR sangat penting untuk dilakukan oleh sebuah perusahaan telekomunikasi.

Ini merupakan sebuah penghitungan dimana setiap mobile station berpindah lokasi, maka VLR atau HLR harus mencatat perpindahan lokasi tersebut serta lokasi terbarunya untuk mendapatkan database subscriber yang terbaru. Database tersebut akan menjadi komponen yang sangat penting dalam kelangsungan sebuah perusahaan.

Hal ini karena database tersebut khususnya jika mobile station mendapatkan paging maka keberadaan mobile station tersebut akan mudah diketahui dan itulah bagaimana proses panggilan dilakukan. Jadi, dengan kata lain database yang bisa berubah-ubah seiring dengan berubahnya lokasi mobile station merupakan sebuah penentu yang sangat berpengaruh.

LUSR sendiri merupakan ukuran perbandingan yang membandingkan antara mobile station yang lokasinya selalu terupdate dengan baik dengan mobile station yang lokasi terbarunya dimana dia berpindah meminta bantuan jaringan untuk melacak lokasi terbaru yang bagus untuk perpindahan.

Untuk menghitung LUSR, ada formula yang perlu digunakan untuk menghitung ratio dengan tepat. Cara menghitungnya cukup mudah yaitu dengan cara mengkalikan nilai dari lokasi terbaru yang berhasil diupdate atau lokasi terbaru yang diminta untuk perpindahan dengan 100 sehingga nanti hasilnya akan menjadi presentase.

Selain LUSR, ada juga penghitungan PSR atau Paging Success Rate. Paging merupakan sebuah informasi mengenai lokasi dimana mobile station berada di area. Paging digunakan saat ada sms ataupun panggilan masuk. Paging dilakukan oleh network agar pengirim pesan atau panggilan dapat terhubung dengan pihak penerima. Marketing strategy of telco companies.

Dengan melakukan paging, maka sistem network dapat menemukan dimana lokasi penerima sehingga pesan atau panggilan bisa tersambung. Paging secara singkatnya merupakan sebuah kegiatan memanggil dimana dalam proses paging ada BSC dan MS B#.

BSC merupakan pihak yang memanggil sedangkan MS B# merupakan pihak yang dipanggil dan di dalam ruang lingkup tersebut ada yang dinamakan location area, yaitu lokasi dimana pihak yang dipanggil berada. Paging bisa dilakukan secara berulang-ulang sehingga jika paging pertama gagal maka bisa dilakukan paging retry yaitu pengulangan.

Banyaknya jumlah pengulangan dalam proses paging dapat ditentukan. Jadi, bahkan jika dalam proses paging terakhir lokasi masih tidak bisa ditemukan, maka paging tersebut bisa dikatakan tidak berhasil. Kesuksesan proses paging dapat ditentukan dengan jumlah paging response yang didapatkan.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penentu sukses atau tidaknya proses paging, yang pertama adalah Coverage Footprint. Biasanya proses paging yang dilakukan untuk menjangkau daerah yang tidak mendapat cakupan sinyal, maka proses paging akan semakin sulit untuk dilakukan.

Hal ini karena lokasi yang dilacak tidak bisa ditemukan sehingga proses paging tidak dapat dilakukan dengan baik. Mobile station dalam hal ini tidak bisa menerima paging akibatnya pesan atau panggilan pun tidak dapat disampaikan dengan sukses.

Dalam sebuah perusahaan telekomunikasi, sukses atau tidaknya proses paging dilakukan adalah faktor yang paling penting karena hal tersebut akan mempengaruhi produktivitas dari sebuah perusahaan dalam memuaskan konsumen. Tentunya konsumen akan lebih memilih produk dari perusahaan yang akan memberikan layanan komunikasi yang lancar.

Karena itu, rasio paging perlu dihitung dan ditentukan dalam sebuah perusahaan telekomunikasi karena hal itu akan menjadi indikator apakah kinerja perusahaan sudah memenuhi target yang dibuat atau belum. Dengan demikian maka diharapkan perusahaan telekomunikasi tersebut dapat memperluas jaringan untuk meningkatkan kesuksesan paging.

Slide1

Slide1