Konsep Pembuatan KPI untuk Industri dan Perusahaan Retail

Dalam sebuah bisnis retail, toko retail merupakan salah satu elemen penting dimana toko adalah tempat dimana produksi barang retail diperjual belikan serta didistribusikan kepada masyarakat. Karena pentingnya fungsi dari sebuah toko retail, maka menentukan KPI untuk toko retail juga sangat penting guna mencapai tujuan dan target dari toko retail itu sendiri.

Membuka toko retail merupakan salah satu bisnis yang sangat berpeluang saat ini. Karena itu semakin banyak jumlah toko retail yang sekarang bisa ditemukan mengingat persaingan bisnisnya cukup menguntungkan. Membuka dan menjalankan sebuah toko retail bukanlah hal yang mudah karena penentuan KPI harus dilakukan untuk mencapai target dari toko tersebut.

Untuk menentukan nilai KPI toko retail, ada dua hal yang perlu diperhatikan yaitu ketersediaan barang di toko tersebut serta layanan toko yang diberikan menyangkut kinerja karyawan. Kinerja karyawan perlu dilihat dan diukur secara seksama karena hal itu dapat mempengaruhi perkembangan dari sebuah toko retail.

Untuk mengukur kinerja sebuah toko retail, menentukan konsep untuk menentukan KPI sangat penting untuk dilakukan. Kosep Balanced Scoreboard atau BSC merupakan konsep yang tepat untuk menentukan KPI dari sebuah toko retail. Konsep ini dapat menjadi konsep yang cukup efektif mengingat konsep ini telah digunakan dan merupakan yang paling sering digunakan dalam bisnis.

Konsep BSC merupakan sebuah konsep yang berguna untuk mengukur tingkat kinerja dari sebuah perusahaan atau bisnis industri. Konsep ini tidak hanya bagus untuk toko retail saja, namun juga untuk usaha bisnis lainnya yang menyangkut pelayanan, penjualan serta kesehatan bahkan industri-industri seperti peternakan dan perkebunan pun dapat diukur menggunakan BSC.

Bukan hanya dapat digunakan pada sebuah industri bisnis, namun konsep BSC juga bisa digunakan untuk perusahaan maupun departemen dalam mengukur bidang keuangan, produksi, karyawan atau pembinaan. Selain itu, sektor distribusi yang salah satunya adalah bisnis retail merupakan salah satu sektor yang paling cocok dengan BSC terlebih lagi dengan menjamurnya bisnis retail saat ini.

Bisnis retail merupakan salah satu sektor bisnis yang penting dimana hampir semua sektor bisnis memerlukan bisnis retail untuk memenuhi ketersediaan barang dalam proses produksi. Dalam menggunakan BSC untuk pengukuran KPI, maka toko retail harus memperhatikan tolak ukur yang akan digunakan dalam penentuan serta aspek-aspek lainnya yang diperlukan.

Konsep BSC tidak hanya terfokus pada finansial, akan tetapi banyak aspek lainnya yang bisa diukur dengan menggunakan konsep BSC. Intinya, konsep ini sangat berguna untuk mengukur kinerja dari sebuah toko retail secara keseluruhan dilihat dar berbagai aspek. Dengan menentukan KPI selain dapat mengukur kinerja, toko retail juga dapat melakukan pengaturan pada semua aspek.

Dalam menggunakan konsep BSC untuk menentukan nilai KPI, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dimana setiap aspek tersebut harus dipertimbangkan dan diikutsertakan untuk menentukan hasil dari KPI yang memang tepat, akurat jelas serta dapat diukur karena nilainya cukup realistis.

Aspek yang pertama adalah aspek perspektif dimana aspek ini diperlukan untuk mencapai target serta visi misi dari sebuah toko retail. Selain itu, dengan adanya perspektif maka sebuah toko akan mendapat peluang untuk menarik ketertarikan para partner bisnis untuk ikut bekerja sama dalam mengembangkan bisnis tersebut.

Selain perspektif, menentukan tujuan juga sangat penting untuk ditentukan karena tujuan merupakan sebuah realisasi dari perencanaan dari perusahaan. Tujuan berbeda dengan target perusahaan karena tujuan memiliki aspek yang lebih luas dan di dalam sebuah tujuan berbagi target bisa dimasukkan dan diikutsertakan.

Inisiatif juga merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam konsep BSC dimana inisiatif merupakan sebuah keinginan yang mempengaruhi proses serta tujuan dalam sebuah toko retail. Target juga perlu ada dalam penentuan KPI karena target akan membuahkan kinerja dari setiap aspek perusahaan bekerja dengan baik untuk mencapai target yang harus dicapai.

Dengan mempertimbangkan beberapa aspek tersebut dalam menentukan KPI menggunakan konsep BSC, maka sebuah toko retail diharapkan dapat mencapai tujuan dan target penjualan yang ditentukan untuk membuat toko menjadi semakin berkembang.

Slide1

Slide1